Sunday, November 11, 2012

PRINSIP KERJA MOTOR BENSIN

Pada motor bensin , bensin dibakar untuk memperoleh tenaga panas . perpindahan tenaga panas ke dalam bentuk tenaga penggerak yang kita perlukan dengan penjelasan sebagai berikut.
     Campuran udara dan bensin dari karburator yang dihisap masuk ke dalam silinder oleh torak , kemudian dimapatkan dengan torak , serta dibakar untuk memperoleh tenaga panas , yang mana dengan terbakarnya gas-gas akan mempertinggi suhu dan tekanan . bila torak yang bergerak turun naik di dalam silinder mesin menerima tekanan yang tinggi , suatu tenaga kerja pada torak memungkinkan torak terdorong ke bawah.

bila batangt torak dan poros engkol dilengkapi untuk merubah gerakan turun naik torak menjadi gerak putar , maka torak akan menggerakkan batang torak dan memutarkan poros engkol .

disamping itu torak juga dipergunakan untuk membuang gas gas bekas yang sudah terbakar di dalam silinder dan bertugas pula menyiapkan menyidiakan campuran udara bensin pada saat tetap untuk menjaga agar torak dapat bergerak secara preiodik dan melakukan kerja tetap. kerja preiodik di dalam silinder , sampai pada kompresi pembakaran dan pengeluaran gas gas yang telah terbakar dari silinder adapun urutan proses kerja preiodik tersebut siklus mesin.

No comments:

Post a Comment