Sunday, November 11, 2012

Elemen Motor Bensin

A. PENGERTIAN DASAR TENTANG MESIN
     Mesin (engine) adalah gabungan dari alat-alat yang bergerak (dinamis) alat-alat yang tidak bergerak (statis) yang bila bekerja dpaat menimbulkan tenaga energi,

B. PENGERTIAN DASAR TENTANG MOTOR BAKAR :
     MOTOR BAKAR : adalah suatu mesin yang dapat mengubah tenaga panas menjadi tenaga mekanik dengan jalan pembakaran bahan bakar . nila tenaga panas untuk pembakaran menjadi tenaga penggerak dihasilkan di luar dari mesin di sebut motor bakar luar ( External Combution Engine ) dan biasanya digunakan untuk Mesin Uap serta Turbin Uap.
     Mesin yang terdapat pada kendaraan bermotor seperti sepeda motor dan mobil , pembakaran bahan bakarnya dilakukan langsung dalam mesin dan dirubah menjadi tenaga penggerak .
mesin semacam ini disebut motor bakar dalam ( internal combustion engine )

C. PRINSIP PEMBAKARAN DI DALAM MESIN :
     Pada motor bakar dalam , bensin di ruang bakar dibakar sehingga gas yang terjadi akibat pembakaran tadi mengandung tenaga panas dimana temperatur dan tekanan tinggi .
     Gas-gas ini akan mengembang yang menekan dan mendorong torak atau piston dalam bahasa inggris untuk bergerak ke bawah . gerak dari piston yang lurus itu di teruskan melalui batang torak ( connecting rod ) ke poros engkol ( crankshaft ) yang merubah menjadi gerak putar. motor bakar macam ini disebut motor bakar model piston ( PISTON ENGINE )

D. JENIS MOTOR BENSIN 
     1. Motor Empat Langkah ( 4 tak )
     2. Motor Dua Langkah (2 tak )

Motor 4 tak : adalah suatu motor yang tiap satu silindernya untuk mendapatkan satu kali pembakaran , membutuhkan 4 kali gerakan piston yaitu 2 kali bergerak ke atas dan 2 kali bergerak ke bawah atau 2 kali putaran poros engkol.

Motor 2 tak : adalah suatu motor yang tiap satu silindernya untuk mendapatkan satu kali pembakaran , membutuhkan 2 kali gerakan piston yaitu 1 kali putaran poros yaitu 1 kali bergerak ke atas dan 1 kali bergerak ke bawah atau 1 kali putaran poros engkol.


No comments:

Post a Comment