Thursday, December 6, 2012

SOAL Keselamatan Kerja



Paket A

1.       Jelaskan fungsi system pengapian pada kendaraan
2.       Jelaskan secara singkat perbedaan pengapian konvensional dan pengapian elektronik
3.       Sebutkan komponen komponen system pengapian konvensional dan fungsinya masing – masing
4.       Jelaskan hal- hal berikut berkaitan dengan baterai / aki :
a.       Jelaskan Fungsi baterai / aki
b.      Sebutkan bagian – bagian yang terdapat pada sel aki
c.       Jelaskan perbedaan antara air zuur dan air suling
5.       Gambarkan rangkaian kelistrikan system pengapian konvensional mesin 4 silinder dengan
       urutan pengapian / FO 1342.

SOAL UAS SMK TAPEL 2012-2013



MATA DIKLAT HIDROLIS
Jawablah pertanyaan berikut dengan benar !
1.       Jelaskan apa yang anda ketahui tentang system hidrolis ?
2.       Gambarkan bentuk car lift yang digunakan untuk mengangkat mobil ?
3.       Sebutkan contoh penggunaan system hidrolis ?
4.       Gambarkan  prinsip dasar system hidrolis ?
5.       Gambarkan bentuk dongkrak ?
a.       Dongkrak botol
b.      Dongkrak buaya
6.       Sebutkan dan jelaskan bagian mana yang meggunakan system hidrolis pada sepeda motor ?
7.       Gambarkan bagian sepeda motor yang menggunakan system hidrolis ?
8.       Jelaskan cara merawat car lift ?
9.       Sebutkan hal-hal yang dapat merusak komponen system hidrolis ?
10.   Sebutkan komponen system hidrolis yang sering rusak ?

Foto Ade Pecilpants :D

LKS Starter


LEMBAR KERJA SISWA
UJIAN PRAKTIK KEJURUAN










NOMOR PESERTA    :




NAMA PESERTA       :




JENIS LKS                    :














Jenis Pekerjaan Hasil Pemeriksaan Keterangan
1. Membongkar Motor Starter                
2. Melakukan Pemeriksaan/Pengukuran komponen                
  a. Solenoid / switch starter    
    1.  Pemeriksaan Pull in coil           (Baik / Rusak)
    2. Pemeriksaan Hold in coil   (Baik / Rusak)
  b. Armatur Coil          
    1. Diameter luar komutator     (Baik / Rusak)
    2. Pemeriksaan hasil kebocoran   (Baik / Rusak)
    3. Ground Test Armature   (Baik / Rusak)
  c. Coil Medan / Field Coil    
    1. Pengetesan terputus   (Baik / Rusak)
    2. Ground Test Field coil   (Baik / Rusak)
  d. Carbon Brush / Sikat    
    1. Mengukur Panjang Sikat (+)   (Baik / Rusak)
    2. Mengukur Panjang Sikat (-)   (Baik / Rusak)
3. merakit motor starter    
4. mengetes motor starter   (Baik / Rusak)

MOTOR BENSIN EMPAT LANGKAH 4 TAK

Pada umumya mobil bensin dan sepeda motor mempergunakan mesin 4 tak ialah bila satu kali proses pembekaran terjadi , pada setiap empat langkah gerakan piston atau dua kali putaran poros engkol.
dengan anggapan bahwa katup masuk dan katup buang terbuka dan tertutup tepat pada waktu piston berada pada TMA atau TMB .
piston penggerak di dalam sislinder di antara bagian sislinder dan bagian bawah silinder .
bagian atas silinder disebut titik mati atas TMA dan bagian bawah silinder disebut titik mati bawah TMB.
panjang atau jarak gerak piston dari titik mati atas bagian bawah disebut "Jarak Langkah Gerak Piston" atau dengan istilah asing STROKE .
untuk lebih jelasnya maka siklus kerja motor empat langkah 4 Tak dapat diterangkan sebagai berikut :

1 . LANGKAH PENGHISAPAN (INTAKE STROKE)
     pada waktu piston Download

LOWONGAN KERJA


Sehubungan adanya kebutuhan posisi "MEKANIK MOBIL" di ASTRA Otoparts . maka dengan ini kami bermaksud membuka lowongan bagi teman" SMK ,
Klasifikasi yang di butuhkan:
1. SMK semua Jurusan Teknik Otomotif
2. Nilai rata-rata 6.5
3. Usia Maksimal 25 tahun
4. Memiliki kemauan belajar dan kerjasama yang baik
5. Bersedia ditempatkan di GRESIK dan Sekitarnya

Data dikumpulkan dan di kirimkan paling lambat RABU, 05 Desember 2012 ke shantonius@aop.component.astra.co.id / FAX 021-4603549

untuk info selengkapnya , dapat menghubungi sodara Tony . 083897901489 / atau hubungi saya 085336108604 . dengan hormat direktur ASTRA Otoparts , Oka Indrawiyono , saya sendiri Ade Pencilpants triimmzz :)

Cotoh LKS Transmisi




NOMOR PESERTA            :
NAMA PESERTA                :
JENIS                                    :  TRANSMISI
1.       Sebutkan komponen Transmisi
a)         ……………………………………..
b)        ………………………………………
c)         ………………………………………..
d)        …………………………………………..
e)        ……………………………………….
f)          ……………………………………….
Nama komponen
Hasil pengukuran
Standar
Ket
1.    Memeriksa Poros Output


Minimal 4,80 Mm

2.    Ketebalan Luncuran dalam

Minimal 3,99 mm

3.    Diameter luar jurnal poros output

Minimal:
Roda gigi-2 : 37,984 mm
Roda  gigi-3 : 34,984 mm

4.    Celah antara bagian belakang ring synchronize dan ujung alur roda gigi

1,0 – 2,0 mm

5.    Celah garpu pemindah dan hub sleeve

Maksimal 1,0 mm

6.    Celah dorong roda gigi-2

0,10-0,25 mm