Thursday, March 6, 2014

Latihan Ujian Soal Servis Sepeda Motor SMK N 1 Sidayu


halo mbk mas brooo . pa kabar kalini mas PENCILPANTS mau posting soal latihan beserta jawannya semoga ujiannya lanacar jaya dan makin cerdasss . BANYAK AKAL.

salam MAS ADE PENCILPANTS
follow twitterku @adepencilpants
saran dan kritik saya terima kirim aja postingan di twitter atau di text BOX samping kanan BLOG :-)

1.       Motor penggerak mula adalah suatu motor yang mengubah tenaga primer yang tidak diwujudkan dalam bentuk aslinya, tetapi diwujudkan dalam bentuk tenaga…
a.       Mekanis
b.      Dinamis
c.       Kimia
d.      Kinetic
e.      Potensial
2.       Berikut ini adalah contoh motor penggerak mula, kecuali…
a.       Turbin air
b.      Mesin uap
c.       Motor bakar
d.      Kincir angin
e.      Tanaga kuda
3.       Motor yang memerlukan 4 langkah piston dalam satu siklus kerja adalah…
a.       Motor 4 tak
b.      Motor 2 tak
c.       Motor bensin
d.      Motor diesel
e.      Motor wankel
4.       Apa yang dimaksud dengan Motor bakar…
a.       Motor yang memerlukan bahan bakar
b.      Motor yang menggunakan bahan bakar
c.       Motor yang digunakan untuk pembakaran
d.      Motor yang memerlukan proses pembakaran
e.      Motor yang berfungsi sebagai pembakaran
5.       Apakah yang dimaksud dengan internal Combustion Engine…
a.       Motor dengan pembakaran dalam
b.      Motor dengan pembakaran luar
c.       Motor yang memerlukan ruang bakar
d.      Motor dengan pembakaran langsung
e.      Motor dengan pembakaran tidak langsung
6.       Berikut ini yang bukan termasuk jenis internal Combustion engine adalah…
a.       Motor bensin
b.      Motor uap
c.       Motor diesel
d.      Motor wankel
e.      Motor 2 tak
7.       Berikut ini adalah cirri-ciri motor bensin kecuali,
a.       Menggunakan bahan bakar bensin
b.      Memerlukan busi
c.       Penyalaan sendiri
d.      Adanya langkah hisap
e.      Terdapat karburator
8.       Motor yang menggunakan bahan bakar solar adalah…
a.       Motor 4 tak
b.      Motor 2 tak
c.       Motor bensin
d.      Motor diesel
e.      Motor wankel
9.       Komponen yang berfungsi untuk mengatur waktu membuka dan menutupnya katup adalah…
a.       Piston
b.      Piston ring
c.       Cam shaft
d.      Crank shaft
e.      Timing chain
10.   Komponen pada kepala  s ilinder yang berfungsi sebagai tempat pembakaran adalah…
a.       Valve
b.      Rocker arm
c.       Cam shaft
d.      Spark plug
e.      Combustion chamber
11.   Apakah fungsi dari system pengapian…
a.       Untuk menghasilkan percikan api pada busi
b.      Untuk membuat api sendiri
c.       Untuk meningkatkan tegangan
d.      Sebagai proses induksi
e.      Untuk menghasilkan power maksimal
12.   Berikut ini adalah komponen system pengapian, kecuali…
a.       Generator
b.      Ignition coil
c.       Spark plug
d.      High tension cord
e.      Diafragma spring
13.   Apkah kepanjangan dari CDI…
a.       Continous Diafragma Induction
b.      Charging Disc Intake
c.       Capasitor Discharge Ignition
d.      Commutator Dual Inklination
e.      Combination Dial Intregated
14.   Apakah funsi dari spark plug…
a.       Membuat induksi magnet
b.      Meningkatkan tegangan
c.       Mengubah tegangan tinggi menjadi percikan bunga api
d.      Menyediakan arus 12 volt
e.      Menyearahkan arus
15.   Berapakah celah busi pada sepeda motor…
a.       0,5 mm – 0,6 mm
b.      0,6 mm – 0,7 mm
c.       0,7 mm – 0,8 mm
d.      0,8 mm – 0,9 mm
e.      0,9 mm – 1 mm
16.   Berapakah celah katup pada motor bebek…
a.       0,05 mm
b.      0,06 mm
c.       0,07 mm
d.      0,08 mm
e.      0,09 mm
17.   Tanda “T” pada magnet bias berarti top kompresi atau…
a.       Over lapping
b.      Over heating
c.       Langkah hisap
d.      Langkah buang
e.      Langkah kompresi
18.   Berapakah waktu penggantian oli…
a.       1000 km
b.      2000 km
c.       3000 km
d.      4000 km
e.      5000 km
19.   Apakah fungsi dari karburator…
a.       Untuk mencampur bahan bakar dan udara
b.      Untuk menyuplai bahan bakar
c.       Untuk menghidupkan mesin kendaraan
d.      Untuk menambah putaran mesin
e.      Untuk mempercepat laju kendaraan
20.   Komponen yang berfungsi untuk menutup dan membuka saluran bahan bakar menuju pelampung adalah…
a.       Main jet
b.      Ventilator
c.       Fuel filter
d.      Air jet
e.      Adjuster screw
21.   Berapakah perbandingan campuran bahan bakar dan udara yang ideal…
a.       1 : 15
b.      1 : 10
c.       1: 5
d.      1 : 1
e.      1 : 20
22.   Apakah fungsi system chook pada karburator…
a.       Untuk memperkaya campuran bahan bakar dan udara
b.      Untuk mempermudah stok motor
c.       Agar bahan bakar lebih boros
d.      Agar kendaraan tidak mudah mati
e.      Mempercepat akselerasi
23.   Apakah nama alat yang digunakan untuk mengukur celah katup…
a.       Veuller gauge
b.      Comprestion tester
c.       Spray gun
d.      Air gun
e.      Kunci momen
24.   Alat yang digunakan untuk mengetahui keausan dinding silinder adalah…
a.       Veuler gauge
b.      Comprestion tester
c.       Dial indicator
d.      Micrometer
e.      Jangka sorong
25.   Sedangkan alat yang digunakan untuk mengetahui besarnya tekanan kompresi adalah…
a.       Veuler gauge
b.      Comprestion tester
c.       Dial indicator
d.      Micrometer
e.      Jangka sorong
26.   Berikut adalah fungsi sitem pelumasan, kecuali…
a.       Melumasi
b.      Merapatkan
c.       Mendinginkan
d.      Membersihkan
e.      Mengawetkan
27.   Pada minyak pelumas terdapat kode SAE yaitu kode klasifikasi dari…
a.       Kekentalan
b.      Harga
c.       Kemampuan
d.      Kekuatan
e.      Additive
28.   Apakah fungsi system pengisian…
a.       Untuk mengisi agar arus pada accu selalu penuh
b.      Untuk menyediakan arus listrik
c.       Untuk menyuplai kebutuhan listrik pada semua beban kendaraan
d.      Mempermudah penyediaan arus listrik
e.      Agar kendaraan selalu stabil
29.   Apakah fungsi regulator pada system pengisian…
a.       Untuk mengubah arus AC menjadi arus DC
b.      Untuk menjaga aliran arus stabil
c.       Untuk meningkatkan arus yang masuk ke accu
d.      Untuk menjaga agar arus yang masuk lebih mudah
e.      Untuk mencegah konslet pada sirkuit system pengisian
30.   Mengapa kabel system penerangan harus melewati regulator…
a.       Sebagai pembatas arus  agar lampu tidak mudah putus
b.      Menjaga system penerangan tidak redup
c.       Mengalirkan arus ke masa
d.      Membagi antara pengisian dan penerangan
e.      Semua benar
31.   Apakah fungsi V-belt pada motor matic…
a.       Untuk menghubungkan puli primer dengan puli sekunder
b.      Untuk mengatur kecepatan motor
c.       Untuk mempermudah akselerasi motor
d.      Untuk memperhalus mekanisme CVT
e.      Untuk menambah momen puntir mesin
32.   Komponen yang berfungsi untuk mengatur perubahan diameter pulin pada CVT sesuai dengan RPM mesin adalah…
a.       V-belt
b.      Roller
c.       Colar
d.      Kopling sentrifugal
e.      Gigi produksi
33.   Cairan yang digunakan untuk membersihkan komponen CVT adalah…
a.       Bensin
b.      Solar
c.       Minyak tanah
d.      Alcohol
e.      Tinner
34.   Apakah fungsi air induction pada fitur motor matic…
a.       Membuat pembuangan lebih efektif
b.      Mempercepat pengeluaran gas buang
c.       Menyuplai getaran lewat saluran masuk
d.      Meningkatkan tenaga motor
e.      Menambah udara segar ke saluran buang
35.   Fungsi kopling ganda pada sepeda motor adalah…
a.       Untuk mengganti kopling manual pada handle
b.      Mempercepat akselerasi kendaraan
c.       Memperoleh gaya pengoplingan yang lebih ringan
d.      Menjaga agar system pemindah daya lebih awet
e.      Mengubah tenaga mekanis menjadi tenaga kinetic
36.   Sistem yang berfungsi untuik memberikan isarat dengan suara pada sepeda motor adalah…
a.       System rem
b.      System alarm
c.       System sirine
d.      System klakson
e.      System panel instrument
37.   Fungsi system lampu rem pada sepeda motor adalah…
a.       Untuk memberi penerangan pada kendaraan
b.      Untuk memberi cahaya pada pengendara lain
c.       Sebagai pelengkap system kelistrikan
d.      Mempertajam penglihatan pada pengendara yang ada di belakang
e.      Memberi  isarat pada penegendara yng ada di belakang saat pengereman
38.   Pada system starter diperlukan relay yang bertujuan untuk…
a.       Pelindung tombol utama
b.      Pengaman dari konsleting
c.       Penyeimbang rangkaian
d.      Penambah arus listrik
e.      Penerus aliran listrik
39.  Sistem yang mengatur perbandingan putaran mesin dengan roda belakang sehigga menghasilkan momen / tenaga putar yang diinginkan adalah funsi dari…
a.      Kemudi
b.      Kopling
c.       Suspensi
d.      Transmisi
e.      Rem
40.   Berikut ini  kendaraan yang menggunakan rangka jenis DELTA BOX adalah…
a.       Yamaha Vixion
b.      Honda Tiger
c.       Kawasaki ZX
d.      Suzuki Spin
e.      Semua benar
 
Jawaban:
1.  A       6.  B        11. A      16. A      21. A      26. E       31. A      36. D
2.  E        7.  C        12. E       17. A      22. A      37. A      32. B      37. E
3.  A       8.  D       13. C      18. C      23. A      28. A      33. D      38. A
4.  D       9.  C        14. C      19. A      24. C      29. A      34. E       39. D
5.  A       10. E       15. C      20. B      25. B      30. A      35. A      40. A

Saturday, March 1, 2014

Nilai UPK SMK N 1 SIDAYU

Sabarrr yaa mas mas Teknik Otomotif SMK N 1 Sidayu hehehee mas ade masih sibuk masih blum bisa ngeposs nilai" cantik kalian :-)

untuk kalo ini saya kasih gambar atau Foto logo TKR SMK N 1 Sidayu


hiburan sitikk brow


Monday, December 30, 2013

Jawaban soal batrai

Kemampuan menyimpanan arus listrik pada accu/aki adalah

Jawaban:
Kapasitas aki

Fungsi aki/accu adalah

Jawaban:
Menyimpan arus listrik

Sisitem kelistrikan mobil yang sumber arus listriknya dari batrai kecuali

Jawaban:
Sistem pengisian

Bacaan kode batrai 12volt berikut yang paling benar

Jawaban:
Tegangan betrai 12volt.kapasitas batrai 60 apere hours

Tuliskan reaksi pengosongan pada batrai :
Jawaban : Pb + H2So4 + Pb = Pb O2 + 2H2o + PbO2

Tuliskan reaksi pengisian pada batrai :
Jawaban : PbO2 + 2H2O + PbO2 = Pb + H2SO4 + Pb

Pembangunan Kelas di SMK N 1 Sidayu

Alhamdullh kelas kita makin banyaj sehubungan makin banyak siswa di smk sidayu.  Pembangunan yang di laksanakan pada september sampai desember alhmdullh sudahh tahap 75 % jadi . Gedung yang berada tepat di depan bengkel smk n 1 sudayu ini di bangun lantai 2 dan di kerjakan oleh pemborong dinas.  Dan yg sebelah atas masjid di bangun tukang langganan kita pak slamet CS.  Pembanguanan ini adalah prmbangunan paling besar dari tahun ke tahun.  Ada gedung tphp i.  Kelass utara.  Kelass aula dan mushola/masjid #sekian ulasan dari saya salam so sweet.  Ade Pencilpants

Friday, December 20, 2013

Tugas Akhir Sekolah SMK N 1 Sidayu (Skripsi)

nahh sobat akhri" ini saya sibuk banget maaf yahh ndak nyempetin menuangkan ide dan tulisan saya hehehe maklum . saya mau kelar S1 strata satu . hehehee

nah Ini kegiatan" saya selama desember 2013
Ade Hilalatuz Zuhro

Soal Bocoran Sistem Batrai

hai mas dan mbk , apa kabar semuanya sehat :)
saya kembali lagi nihh mau nulis" tapi berhubung soal" sistem batrainya masi di sekolahan
next _ besok aja yahhh hehehehe sekian dari saya


wasalamm : salam master mister SO SWEET :) :* <3

Thursday, December 5, 2013

Salam Pagi

Salamat pagi pemirsa setia Dimensi TKR .

Sorry Gan hari" ini saya lagi sibuk banget jadi tidak sempat menulis ini ada waktu luang , saya manfaatin buat salam" hangat hehehe


Wednesday, December 4, 2013

Materi Sistem Differensial / Gardan

Cara kerja gardan

 Fungsi utama gardan adalah membedakan putaran roda kiri dan kanan pada saat mobil sedang membelok.Hal itu dimaksudkan agar mobil dapat membelok dengan baik tanpa membuat kedua ban menjadi slip atau tergelincir. Untuk mempelajari cara kerja gardan berikut ini , sebaiknya Anda baca terlebih dahulu postingan saya tentang mengenal gardan . Adapun cara kerja gardan adalah sebagai berikut :


Pada saat mobil berjalan lurus :
Pada saat mobil berjalan lurus keadaan kedua ban roda kiri dan kanan sama - sama dalam kecepatan putaran yang sama.Dan juga beban yang ditanggung roda kiri dan roda kanan adalah sama. Sehingga urutan perpindahan putaran dari as kopel  akan diteruskan untuk memutar drive pinion . Drive pinion akan memutar ring gear , dan ring gear bersama - sama dengan differential case akan berputar. Dengan berputarnya differential case , maka pinion gear akan terbawa berputar bersama dengan differential case karena antara differential case dan pinion gear dihubungkan dengan pinion shaft. Karena beban antara roda kiri dan roda kanan adalah sama saat jalan lurus , maka pinion gear akan membawa side gear kanan dan side gear kiri untuk berputar dalam satu kesatuan. Jadi dalam keadaan jalan lurus sebenarnya pinion gear tidak berputar , pinion gear hanaya membawa side gear untuk berputar bersama - sama dengan differential case dalam kecepatan putaran yang sama. Bila differential case berputar satu kali , maka side gear juga berputar satu kali juga , demikian seterusnya dalam keadaan lurus. Putaran side gear ini kemudian akan diteruskan untuk menggerakkan as roda dan kemudian menggerakkan roda.


Pada saat kendaraan membelok :
Pada saat mobil sedang membelok beban yang ditanggung pada roda bagian dalam adalah lebih besar daripada beban yang ditanggung roda bagian luar . Misalkan sebuah mobil sedang belok ke kiri, maka beban pada roda kiri akan lebih besar daripada beban roda kanan. Dengan demikian urutan perpindahan tenaganya adalah sebagai berikut ; P:utaran dari as kopel akan diteruskan untuk memutar drive pinion . Drive pinion akan memutar ring gear . Dengan berputarnya  ring gear maka differential case akan terbawa juga untuk berputar. Karena beban roda kiri lebih besar dari roda kanan saat belok ke kiri , maka side gear sebelah kiri akan memberi perlawanan terhadap pinion gear untuk tidak berputar . Gaya perlawanan dari side gear kiri ini akan membuat pinion gear menjadi berputar mengitari side gear kiri. Dengan berputarnya pininon gear , maka side gear kanan akan diputar oleh pinion gear. Sehingga side gear kanan akan berputar lebih cepat dari side gear kiri.  Gerakan side gear ini akan diteruskan ke as roda kemudian ke roda. Untuk roda kanan akan berputar lebih cepat daripada roda kiri karena  side gear kanan berputar lebih cepat.

Penggerak Sudut
1. Bagian – bagian poros penggerak aksel


1. Rumah Penggerak Aksel
2. Gigi Pinion
3. Gigi Korona
4. Gigi Kerucut Samping/Matahari
5. Rumah Differensial
6. Poros Gigi Kerucut Antara
7. Gigi Kerucut Antara/Planet
8. Mounting Rumah Penggerak aksel
9. Tutup Debu
10. Poros Aksel
11. Penghubung Bola/Penghubung CV
12. Bantalan Rumah Diferensial
13. Bantalan Poros Pinion
14. Sil Oli
2. Penggunaan :
Kendaraan dengan motor memanjang, untuk meneruskan putaran ke roda-roda diperlukan penggerak sudut. Karena arah putaran motor berbeda dengan arah putaran roda – roda
3. Fungsi :

• Merubah arah putaran dari arah putaran mesin ke kanan ( a ) menjadi arah putaran maju ( b ) ke roda – roda
4. Jenis Penggerak Sudut
Pada saat sekarang penggerak aksel hanya menggunakan penggerak sudut roda korona. Tetapi pada sistem lama, misalnya merek PEUGEOT menggunakan penggerak roda cacing.
Perbandingan gigi pada : • Sedan station antara 3,5 : 1 s/d 4,5 : 1
• Truk antara 5 : 1 s/d 12 : 1
Jenis biasa :
Sumbu poros pinion segaris dengan aksis roda korona Konstruksi ini hanya digunakan pada truk
Kerugian :
• Suara tidak halus
• Gaya pada gigi besar ( Konstruksi Berat )

Jenis biasa :
Sumbu poros pinion segaris dengan aksis roda korona Konstruksi ini hanya digunakan pada truk
Kerugian :
• Suara tidak halus
• Gaya pada gigi besar ( Konstruksi Berat )
Jenis Hypoid
Sumbu poros pinion tidak segaris dengan aksis roda korona
Konstruksi ini : Digunakan pada sedan, station dan truk
Keuntungan :
• Suara halus
• Permukaan gigi yang memindahkan gaya lebih besar
• Poros penggerak ( Gardan ) lebih rendah
Kerugian :
• Perlu oli khusus GL 4 atau GL 5
• Gesekan antara gigi lebih besar

5. Bentuk Gigi

Dari bentuk giginya, roda korona ada 2 macam
• Klingenberg
• Gleason

Klingenberg
• Tebal puncak gigi bagian dalam dan bagian luar sama (A=B)
• Disebut gigi spiral karena bentuk gigi sebagian dari busur spiral
• Kebanyakan digunakan pada mobil Eropa dan Jepang

Gleason
• Tebal puncak gigi bagian dalam dan bagian luar tidak sama (a?b)
• Disebut gigi lingkar karena bentuk – bentuk gigi sebagian dari busur lingkaran
• Kebanyakan digunakan pada mobil Amerika
6. Penyetelan Penggerak Aksel

1. Tinggi pinion
Untuk mendapatkan posisi gigi pinion yang tepat terhadap gigi roda korona
2. Pre – load pinion
Agar keausan bantalan tidak menyebabkan kebebasan bantalan
3. Celah bebas gigi roda korona ( Back Lash )
Roda korona dapat berputar dengan baik/halus dan tidak menimbulkan suara persentuhan gigi atau suara dengung
4. Pre – load bantalan rumah diferensial ( Keseluruhan )
Agar keausan bantalan tidak menimbulkan kebebasan bantalan / gerak aksial roda korona
5. Memeriksa Persinggungan gigi
Untuk menempatkan posisi permukaan kontak gigi pinion dan roda korona benar ( di tengah – tengah ) sehinggga suara halus dan keausan merata
7. Bentuk Rumah Aksel ( Penggerak Aksel )
Dari bentuk rumah penggerak aksel dapat dibedakan tiga macam :
• Aksel Banjo
• Aksel Spicer
• Aksel Terompet
7.1. Aksel Banjo

Rumah bantalan lebih kuat menahan gaya ke samping / aksial roda korona kurang kuat, biasa digunakan pada kendaraan sedan, Station dan Jep
7.2. Aksel Spicer

Rumah bantalan lebih kuat menahan gaya ke samping / aksial roda korona jenis ini sering digunakan pada jeep dan truk
7.4. Aksel Terompet

Rumah bantalan merupakan satu kesatuan yang kokoh dengan rumah aksel, jenis ini paling kuat menahan gaya ke samping / aksial roda korona biasanya digunakan pada jenis kendaraaan berat
Jarang lagi digunakan pada kendaraan, karena :
• Konstruksi rumit
• Penyetelan sulit
• Harga mahal