halo mbk mas brooo . pa kabar kalini mas PENCILPANTS mau posting soal latihan beserta jawannya semoga ujiannya lanacar jaya dan makin cerdasss . BANYAK AKAL.
salam MAS ADE PENCILPANTS
follow twitterku @adepencilpants
saran dan kritik saya terima kirim aja postingan di twitter atau di text BOX samping kanan BLOG :-)
1.Motor penggerak mula adalah
suatu motor yang mengubah tenaga primer yang tidak diwujudkan dalam bentuk
aslinya, tetapi diwujudkan dalam bentuk tenaga…
a.Mekanis
b.Dinamis
c.Kimia
d.Kinetic
e.Potensial
2.Berikut ini adalah contoh
motor penggerak mula, kecuali…
a.Turbin air
b.Mesin uap
c.Motor bakar
d.Kincir angin
e.Tanaga kuda
3.Motor yang memerlukan 4
langkah piston dalam satu siklus kerja adalah…
a.Motor 4 tak
b.Motor 2 tak
c.Motor bensin
d.Motor diesel
e.Motor wankel
4.Apa yang dimaksud dengan
Motor bakar…
a.Motor yang memerlukan bahan
bakar
b.Motor yang menggunakan
bahan bakar
c.Motor yang digunakan untuk
pembakaran
d.Motor yang memerlukan proses
pembakaran
e.Motor yang berfungsi
sebagai pembakaran
5.Apakah yang dimaksud dengan
internal Combustion Engine…
a.Motor dengan pembakaran
dalam
b.Motor dengan pembakaran
luar
c.Motor yang memerlukan ruang
bakar
d.Motor dengan pembakaran
langsung
e.Motor dengan pembakaran
tidak langsung
6.Berikut ini yang bukan
termasuk jenis internal Combustion engine adalah…
a.Motor bensin
b.Motor uap
c.Motor diesel
d.Motor wankel
e.Motor 2 tak
7.Berikut ini adalah
cirri-ciri motor bensin kecuali,
a.Menggunakan bahan bakar
bensin
b.Memerlukan busi
c.Penyalaan sendiri
d.Adanya langkah hisap
e.Terdapat karburator
8.Motor yang menggunakan
bahan bakar solar adalah…
a.Motor 4 tak
b.Motor 2 tak
c.Motor bensin
d.Motor diesel
e.Motor wankel
9.Komponen yang berfungsi
untuk mengatur waktu membuka dan menutupnya katup adalah…
a.Piston
b.Piston ring
c.Cam shaft
d.Crank shaft
e.Timing chain
10.Komponen pada kepala s ilinder yang berfungsi sebagai tempat
pembakaran adalah…
a.Valve
b.Rocker arm
c.Cam shaft
d.Spark plug
e.Combustion chamber
11.Apakah fungsi dari system
pengapian…
a.Untuk menghasilkan percikan
api pada busi
b.Untuk membuat api sendiri
c.Untuk meningkatkan tegangan
d.Sebagai proses induksi
e.Untuk menghasilkan power
maksimal
12.Berikut ini adalah komponen
system pengapian, kecuali…
a.Generator
b.Ignition coil
c.Spark plug
d.High tension cord
e.Diafragma spring
13.Apkah kepanjangan dari CDI…
a.Continous Diafragma
Induction
b.Charging Disc Intake
c.Capasitor Discharge
Ignition
d.Commutator Dual Inklination
e.Combination Dial Intregated
14.Apakah funsi dari spark
plug…
a.Membuat induksi magnet
b.Meningkatkan tegangan
c.Mengubah tegangan tinggi
menjadi percikan bunga api
d.Menyediakan arus 12 volt
e.Menyearahkan arus
15.Berapakah celah busi pada
sepeda motor…
a.0,5 mm – 0,6 mm
b.0,6 mm – 0,7 mm
c.0,7 mm – 0,8 mm
d.0,8 mm – 0,9 mm
e.0,9 mm – 1 mm
16.Berapakah celah katup pada
motor bebek…
a.0,05 mm
b.0,06 mm
c.0,07 mm
d.0,08 mm
e.0,09 mm
17.Tanda “T” pada magnet bias
berarti top kompresi atau…
a.Over lapping
b.Over heating
c.Langkah hisap
d.Langkah buang
e.Langkah kompresi
18.Berapakah waktu penggantian
oli…
a.1000 km
b.2000 km
c.3000 km
d.4000 km
e.5000 km
19.Apakah fungsi dari
karburator…
a.Untuk mencampur bahan bakar
dan udara
b.Untuk menyuplai bahan bakar
c.Untuk menghidupkan mesin
kendaraan
d.Untuk menambah putaran
mesin
e.Untuk mempercepat laju
kendaraan
20.Komponen yang berfungsi
untuk menutup dan membuka saluran bahan bakar menuju pelampung adalah…
a.Main jet
b.Ventilator
c.Fuel filter
d.Air jet
e.Adjuster screw
21.Berapakah perbandingan
campuran bahan bakar dan udara yang ideal…
a.1 : 15
b.1 : 10
c.1: 5
d.1 : 1
e.1 : 20
22.Apakah fungsi system chook
pada karburator…
a.Untuk memperkaya campuran
bahan bakar dan udara
b.Untuk mempermudah stok
motor
c.Agar bahan bakar lebih
boros
d.Agar kendaraan tidak mudah
mati
e.Mempercepat akselerasi
23.Apakah nama alat yang
digunakan untuk mengukur celah katup…
a.Veuller gauge
b.Comprestion tester
c.Spray gun
d.Air gun
e.Kunci momen
24.Alat yang digunakan untuk
mengetahui keausan dinding silinder adalah…
a.Veuler gauge
b.Comprestion tester
c.Dial indicator
d.Micrometer
e.Jangka sorong
25.Sedangkan alat yang
digunakan untuk mengetahui besarnya tekanan kompresi adalah…
a.Veuler gauge
b.Comprestion tester
c.Dial indicator
d.Micrometer
e.Jangka sorong
26.Berikut adalah fungsi sitem
pelumasan, kecuali…
a.Melumasi
b.Merapatkan
c.Mendinginkan
d.Membersihkan
e.Mengawetkan
27.Pada minyak pelumas
terdapat kode SAE yaitu kode klasifikasi dari…
a.Kekentalan
b.Harga
c.Kemampuan
d.Kekuatan
e.Additive
28.Apakah fungsi system
pengisian…
a.Untuk mengisi agar arus
pada accu selalu penuh
b.Untuk menyediakan arus
listrik
c.Untuk menyuplai kebutuhan
listrik pada semua beban kendaraan
d.Mempermudah penyediaan arus
listrik
e.Agar kendaraan selalu
stabil
29.Apakah fungsi regulator
pada system pengisian…
a.Untuk mengubah arus AC
menjadi arus DC
b.Untuk menjaga aliran arus
stabil
c.Untuk meningkatkan arus
yang masuk ke accu
d.Untuk menjaga agar arus
yang masuk lebih mudah
e.Untuk mencegah konslet pada
sirkuit system pengisian
30.Mengapa kabel system
penerangan harus melewati regulator…
a.Sebagai pembatas arus agar lampu tidak mudah putus
b.Menjaga system penerangan
tidak redup
c.Mengalirkan arus ke masa
d.Membagi antara pengisian
dan penerangan
e.Semua benar
31.Apakah fungsi V-belt pada
motor matic…
a.Untuk menghubungkan puli
primer dengan puli sekunder
b.Untuk mengatur kecepatan
motor
c.Untuk mempermudah
akselerasi motor
d.Untuk memperhalus mekanisme
CVT
e.Untuk menambah momen puntir
mesin
32.Komponen yang berfungsi untuk
mengatur perubahan diameter pulin pada CVT sesuai dengan RPM mesin adalah…
a.V-belt
b.Roller
c.Colar
d.Kopling sentrifugal
e.Gigi produksi
33.Cairan yang digunakan untuk
membersihkan komponen CVT adalah…
a.Bensin
b.Solar
c.Minyak tanah
d.Alcohol
e.Tinner
34.Apakah fungsi air induction
pada fitur motor matic…
a.Membuat pembuangan lebih
efektif
b.Mempercepat pengeluaran gas
buang
c.Menyuplai getaran lewat
saluran masuk
d.Meningkatkan tenaga motor
e.Menambah udara segar ke
saluran buang
35.Fungsi kopling ganda pada
sepeda motor adalah…
a.Untuk mengganti kopling
manual pada handle
b.Mempercepat akselerasi
kendaraan
c.Memperoleh gaya
pengoplingan yang lebih ringan
d.Menjaga agar system
pemindah daya lebih awet
e.Mengubah tenaga mekanis
menjadi tenaga kinetic
36.Sistem yang berfungsi
untuik memberikan isarat dengan suara pada sepeda motor adalah…
a.System rem
b.System alarm
c.System sirine
d.System klakson
e.System panel instrument
37.Fungsi system lampu rem
pada sepeda motor adalah…
a.Untuk memberi penerangan
pada kendaraan
b.Untuk memberi cahaya pada
pengendara lain
c.Sebagai pelengkap system
kelistrikan
d.Mempertajam penglihatan
pada pengendara yang ada di belakang
e.Memberi isarat pada penegendara yng ada di belakang
saat pengereman
38.Pada system starter
diperlukan relay yang bertujuan untuk…
a.Pelindung tombol utama
b.Pengaman dari konsleting
c.Penyeimbang rangkaian
d.Penambah arus listrik
e.Penerus aliran listrik
39.Sistem
yang mengatur perbandingan putaran mesin dengan roda belakang sehigga
menghasilkan momen / tenaga putar yang diinginkan adalah funsi dari…
a.Kemudi
b.Kopling
c.Suspensi
d.Transmisi
e.Rem
40.Berikut ini kendaraan yang menggunakan rangka jenis DELTA BOX adalah…
Alhamdullh kelas kita makin banyaj sehubungan makin banyak siswa di smk sidayu. Pembangunan yang di laksanakan pada september sampai desember alhmdullh sudahh tahap 75 % jadi . Gedung yang berada tepat di depan bengkel smk n 1 sudayu ini di bangun lantai 2 dan di kerjakan oleh pemborong dinas. Dan yg sebelah atas masjid di bangun tukang langganan kita pak slamet CS. Pembanguanan ini adalah prmbangunan paling besar dari tahun ke tahun. Ada gedung tphp i. Kelass utara. Kelass aula dan mushola/masjid #sekian ulasan dari saya salam so sweet. Ade Pencilpants
nahh sobat akhri" ini saya sibuk banget maaf yahh ndak nyempetin menuangkan ide dan tulisan saya hehehe maklum . saya mau kelar S1 strata satu . hehehee
nah Ini kegiatan" saya selama desember 2013
Ade Hilalatuz Zuhro
hai mas dan mbk , apa kabar semuanya sehat :)
saya kembali lagi nihh mau nulis" tapi berhubung soal" sistem batrainya masi di sekolahan
next _ besok aja yahhh hehehehe sekian dari saya
Fungsi utama gardan adalah membedakan putaran roda kiri dan kanan pada
saat mobil sedang membelok.Hal itu dimaksudkan agar mobil dapat
membelok dengan baik tanpa membuat kedua ban menjadi slip atau
tergelincir. Untuk mempelajari cara kerja gardan berikut ini ,
sebaiknya Anda baca terlebih dahulu postingan saya tentang mengenal gardan . Adapun cara kerja gardan adalah sebagai berikut :
Pada saat mobil berjalan lurus :
Pada saat mobil berjalan lurus keadaan kedua ban roda kiri dan kanan
sama - sama dalam kecepatan putaran yang sama.Dan juga beban yang
ditanggung roda kiri dan roda kanan adalah sama. Sehingga urutan
perpindahan putaran dari as kopel akan diteruskan untuk memutar drive
pinion . Drive pinion akan memutar ring gear , dan ring gear bersama -
sama dengan differential case akan berputar. Dengan berputarnya
differential case , maka pinion gear akan terbawa berputar bersama
dengan differential case karena antara differential case dan pinion gear
dihubungkan dengan pinion shaft. Karena beban antara roda kiri dan
roda kanan adalah sama saat jalan lurus , maka pinion gear akan membawa
side gear kanan dan side gear kiri untuk berputar dalam satu kesatuan.
Jadi dalam keadaan jalan lurus sebenarnya pinion gear tidak berputar ,
pinion gear hanaya membawa side gear untuk berputar bersama - sama
dengan differential case dalam kecepatan putaran yang sama. Bila
differential case berputar satu kali , maka side gear juga berputar
satu kali juga , demikian seterusnya dalam keadaan lurus. Putaran side
gear ini kemudian akan diteruskan untuk menggerakkan as roda dan
kemudian menggerakkan roda.
Pada saat kendaraan membelok :
Pada saat mobil sedang membelok beban yang ditanggung pada roda bagian
dalam adalah lebih besar daripada beban yang ditanggung roda bagian luar
. Misalkan sebuah mobil sedang belok ke kiri, maka beban pada roda
kiri akan lebih besar daripada beban roda kanan. Dengan demikian urutan
perpindahan tenaganya adalah sebagai berikut ; P:utaran dari as kopel
akan diteruskan untuk memutar drive pinion . Drive pinion akan memutar
ring gear . Dengan berputarnya ring gear maka differential case akan
terbawa juga untuk berputar. Karena beban roda kiri lebih besar dari
roda kanan saat belok ke kiri , maka side gear sebelah kiri akan memberi
perlawanan terhadap pinion gear untuk tidak berputar . Gaya perlawanan
dari side gear kiri ini akan membuat pinion gear menjadi berputar
mengitari side gear kiri. Dengan berputarnya pininon gear , maka side
gear kanan akan diputar oleh pinion gear. Sehingga side gear kanan akan
berputar lebih cepat dari side gear kiri. Gerakan side gear ini akan
diteruskan ke as roda kemudian ke roda. Untuk roda kanan akan berputar
lebih cepat daripada roda kiri karena side gear kanan berputar lebih
cepat.
Penggerak Sudut 1. Bagian – bagian poros penggerak aksel
1. Rumah Penggerak Aksel
2. Gigi Pinion
3. Gigi Korona
4. Gigi Kerucut Samping/Matahari
5. Rumah Differensial
6. Poros Gigi Kerucut Antara
7. Gigi Kerucut Antara/Planet
8. Mounting Rumah Penggerak aksel
9. Tutup Debu
10. Poros Aksel
11. Penghubung Bola/Penghubung CV
12. Bantalan Rumah Diferensial
13. Bantalan Poros Pinion
14. Sil Oli 2. Penggunaan :
Kendaraan dengan motor memanjang, untuk meneruskan putaran ke roda-roda
diperlukan penggerak sudut. Karena arah putaran motor berbeda dengan
arah putaran roda – roda 3. Fungsi :
• Merubah arah putaran dari arah putaran mesin ke kanan ( a ) menjadi arah putaran maju ( b ) ke roda – roda 4. Jenis Penggerak Sudut
Pada saat sekarang penggerak aksel hanya menggunakan penggerak sudut
roda korona. Tetapi pada sistem lama, misalnya merek PEUGEOT menggunakan
penggerak roda cacing.
Perbandingan gigi pada : • Sedan station antara 3,5 : 1 s/d 4,5 : 1
• Truk antara 5 : 1 s/d 12 : 1
Jenis biasa :
Sumbu poros pinion segaris dengan aksis roda korona Konstruksi ini hanya digunakan pada truk
Kerugian :
• Suara tidak halus
• Gaya pada gigi besar ( Konstruksi Berat )
Jenis biasa :
Sumbu poros pinion segaris dengan aksis roda korona Konstruksi ini hanya digunakan pada truk
Kerugian :
• Suara tidak halus
• Gaya pada gigi besar ( Konstruksi Berat )
Jenis Hypoid
Sumbu poros pinion tidak segaris dengan aksis roda korona
Konstruksi ini : Digunakan pada sedan, station dan truk
Keuntungan :
• Suara halus
• Permukaan gigi yang memindahkan gaya lebih besar
• Poros penggerak ( Gardan ) lebih rendah
Kerugian :
• Perlu oli khusus GL 4 atau GL 5
• Gesekan antara gigi lebih besar 5. Bentuk Gigi
Dari bentuk giginya, roda korona ada 2 macam
• Klingenberg
• Gleason
Klingenberg
• Tebal puncak gigi bagian dalam dan bagian luar sama (A=B)
• Disebut gigi spiral karena bentuk gigi sebagian dari busur spiral
• Kebanyakan digunakan pada mobil Eropa dan Jepang
Gleason
• Tebal puncak gigi bagian dalam dan bagian luar tidak sama (a?b)
• Disebut gigi lingkar karena bentuk – bentuk gigi sebagian dari busur lingkaran
• Kebanyakan digunakan pada mobil Amerika 6. Penyetelan Penggerak Aksel
1. Tinggi pinion
Untuk mendapatkan posisi gigi pinion yang tepat terhadap gigi roda korona
2. Pre – load pinion
Agar keausan bantalan tidak menyebabkan kebebasan bantalan
3. Celah bebas gigi roda korona ( Back Lash )
Roda korona dapat berputar dengan baik/halus dan tidak menimbulkan suara persentuhan gigi atau suara dengung
4. Pre – load bantalan rumah diferensial ( Keseluruhan )
Agar keausan bantalan tidak menimbulkan kebebasan bantalan / gerak aksial roda korona
5. Memeriksa Persinggungan gigi
Untuk menempatkan posisi permukaan kontak gigi pinion dan roda korona
benar ( di tengah – tengah ) sehinggga suara halus dan keausan merata 7. Bentuk Rumah Aksel ( Penggerak Aksel )
Dari bentuk rumah penggerak aksel dapat dibedakan tiga macam :
• Aksel Banjo
• Aksel Spicer
• Aksel Terompet 7.1. Aksel Banjo
Rumah bantalan lebih kuat menahan gaya ke samping / aksial roda korona
kurang kuat, biasa digunakan pada kendaraan sedan, Station dan Jep 7.2. Aksel Spicer
Rumah bantalan lebih kuat menahan gaya ke samping / aksial roda korona jenis ini sering digunakan pada jeep dan truk 7.4. Aksel Terompet
Rumah bantalan merupakan satu kesatuan yang kokoh dengan rumah aksel,
jenis ini paling kuat menahan gaya ke samping / aksial roda korona
biasanya digunakan pada jenis kendaraaan berat
Jarang lagi digunakan pada kendaraan, karena :
• Konstruksi rumit
• Penyetelan sulit
• Harga mahal