Sunday, May 26, 2013

Download SOAL Hidrolis gratis


11. Jelaskan apa yang anda ketahui tentang system hidrolis ?
22. Gambarkan bentuk car lift yang digunakan untuk mengangkat mobil ?
33. Sebutkan contoh penggunaan system hidrolis ?
44. Gambarkan  prinsip dasar system hidrolis ?
55. Gambarkan bentuk dongkrak ?
a.       Dongkrak botol
b.      Dongkrak buaya
66. Sebutkan dan jelaskan bagian mana yang meggunakan system hidrolis pada sepeda motor ?
77. Gambarkan bagian sepeda motor yang menggunakan system hidrolis ?
88. Jelaskan cara merawat car lift ?
99. Sebutkan hal-hal yang dapat merusak komponen system hidrolis ?
110. Sebutkan komponen system hidrolis yang sering rusak ?

Monday, May 20, 2013

SOAL UTS PERBAIKAN SISTEM PENGAPIAN 2013


1.       Jelaskan fungsi system pengapian pada kendaraan
2.       Jelaskan secara singkat perbedaan pengapian konvensional dan pengapian elektronik
3.       Sebutkan komponen komponen system pengapian konvensional dan fungsinya masing – masing
4.       Jelaskan hal- hal berikut berkaitan dengan baterai / aki :
a.       Jelaskan Fungsi baterai / aki
b.      Sebutkan bagian – bagian yang terdapat pada sel aki
c.       Jelaskan perbedaan antara air zuur dan air suling
5.       Gambarkan rangkaian kelistrikan system pengapian konvensional mesin 4 silinder dengan
       urutan pengapian / FO 1342.

SOAL UTS Sistem Bahan Bakar BENSIN 2013


1.Sebutkan nama-namakomponen nomoe 4,5,6,7 dan 8 pada Sistem Bahan Bakar Diesel berikutini !

2. Apafungsikomponennomor 5 padagambar di atas ?
3. Apa yang masukkedalamsilindermelaluiinjektorpada motor diesel ?
4. Apa nama komponen berfungsi untuk Memajukan saat penyemprotan ketika putaran motor Naik ?

5. Komponenapa yang bertugasmemanaskanruangbakar engine diesel ?

Tuesday, May 14, 2013

Fase Manusia Menurut Ellizabeth B. Hurlock


Menurut Ellizabeth B. Hurlock ada 11 rentangan kehidupan manusia antara lain:
1.     Fase Prenatal                   (saat konsepsi)
2.  Fase Neonatus              (ketika lahir sampai minggu ke2)
3.Fase Bayi        (akhir minggu ke2 sampai akhir tahun ke2)
4.     Fase Kanak-kanak Awal   (2 – 6 tahun)
5.     Fase Kanak-kanak Akhir   (6 – 10/11 tahun)
6.     Fase Pubertas                   (10/12 – 13/14 tahun)
7.     Fase Remaja Awal                        (13/14 -17 tahun)
8.     Fase Renaja Akhir            (17 – 21 tahun)
9.     Fase Dewasa Awal                        (21 – 40 tahun)
10.  Fase Setengah Baya         (40 – 60 tahun)       
11.  Fase Tua                           (60 – meninggal dunia)

Masing-masing fase tersebut berbeda tugas-tugas perkembangannya satu sama lain, tergantung dari kondisi, lingkungan dan kematangan individu. Tugas-tugas perkembangan individusanaagat berfaedah sekali bagi kita terutama bagi pendidik dalam menghadapi masa peka anak (the teachable moment). Adapun sumber daripada tugas-tugas perkembangan meliputi;
1.     Kematangan Jasmaniah
2.     Tugas-tugas yang berasal dari tekanan budaya dari masyarakat
3.     Nilai-nilai pribadi dan cita-cita seseorang



B.     TAHAP-TAHAP PERKEMBANGAN INDIVIDU

Selanjutnya perkembangan manusia melewati banyak tahapan, Adapun tahapan-tahapan tersebut antara lain:

1.     Tahap Sebelum lahir;
Tahap sebelum lahir dimulai pada masa konsepsi sampai proses kelahiran, yaitu sekitar 9 bulan sampai 280 hari.

2.     Tahap Lahir;
Tahap ini merupakan permulaan eksistensi manusia sebagai individu. Masa ini dimulai dari kelahiran dan berakhir pada saat bayi menjelang dua minggu, pada masa ini sering disebut dengan masa orok. Walaupun singkat, masa ini pada umumnya dibagi menjadi dua periode , Periode portunate dan periode neonate.

3.     Tahap Dua Tahun Pertama;
Masa baayi berlangsung dua tahun pertama setelah periode baru lahir dua minggu. Masa bayi adalah dasar kehidupan yang sesungguhnya karena pada saat ini banyak pola perilaku dan ekspresi emosi terbentuk. Masa bayi adalah masa perubahan berjalan cepat dan masa berkurangnya ketergantungan pada orang lain, seperti bayi duduk dan menggerakkan barang , ciri khas masa ini adalah anak memusatkan untuk mengenal lingkungannya, menguasai gerak fisik dan belajar berbicara.

4.     Tahap Anak-anak Awal;
Masa anak-anak awal ini berlangsung dua sampai enam tahun, disebut usia pra-sekolah. Pada awal masa anak-anak dianggap sebagai saat belajar untuk mencapai berbagai keterampilan, karena pada masa ini anak senang mengulang dan senang mencoba hal-hal yang baru.

5.     Tahap Anak-anak Akhir;
Akhir masa anak-anak yang berlangsung dari enam tahun sampai anak mencapai kematangan seksual , yaitu sekitar sebelas tahun bagi anak perempuan dan dua belas tahun bagi anak laki-laki, disebut sebagai usia sekolah dasar. Keterampilan pada akhir masa anak-anak digolongkan kedalam empat golongan besar, yaitu keterampilan menolong diri, menolong sosial dan keterampilan bermain.

6.     Tahap Remaja Awal;
Periode ini merupakan masa pertumbuhan dan perubahan yang pesat meskipun masa puber merupakan periode singkat yang bertumpang tindih dengan masa akhir anak-anak dan permulaan masa remaja. Kriteria yang paling sering digunakan untuk menentukan permulaan masa puber adalah haid yang pertama kali pada anak perempuan dan mimpi basah pada laki-laki. Ciri utama dalam tahap ini adalah bergejolaknya dorongan seksual.

7.     Tahap Remaja;
Masa remaja yang berlangsung saat individu menjadi matang secara seksual sampai usia delapan belas tahun usia kematangan yang resmi dibagi ke dalam masa awal remaja, yang berlangsung sampai usia tujuh belas tahun dan akhir dan akhir masa remaja yang berlangsung sampai usia kematangan resmi. Perubahan yang penting dalam masa ini meliputi meningkatnya pengaruh kelompok sebaya, pola perilaku sosial yang lebih matang dan nilai-nilai baru pemilihan teman dan pemimpin.

8.     Tahap Dewasa;
Masa dewasa ini adalah masa pencarian kemantapan yaitu masa yang penuh masalah dan ketegangan emosional, perubahan nilai dan penyesuaian diri pada pola hidup yang baru. Masa ini mulai umur delapan belas hingga lebih kurang empat puluh tahun.
Sumber Pustaka:

1.     Pendidikan & Psikologi Perkembangan, oleh Prof. Dr. H. Baharuddin, M.Pd.I Tahun 2009
2.     Psikologi Remaja, oleh Drs. Andi Mappiare, Tahun 1982
3.     Perkembangan Peserta Didik, Prof. Dr. H. Sunarto dkk Tahun 1995

PERAWATAN SISTEM HIDRAULIK


PERAWATAN SISTEM HIDRAULIK



1.      Perawatan system hidraulik harus secara berkala untuk mengetahui kerusakan
2.      Berikut adalah hal-hal yang menyebabkan kebocoran pada pipa dan selang:
a. Tua
b. Rapuh
c. Gesekan
d. Terlepas
3.      System hidraulik tidak boleh terlalu panas yang melebihi standart dari pabrik karena mempercepat oksodasi fluida
4.      cara memeriksa visual kebocoran pipa dan selang secara sederhana adalah  Dengan cermin
5.      Bila resistansi bahaya kebakaran yang tinggi dan keselamatan pekerja diutamakan fluida hydraulic yang kita gunakan adalah Fire Resistance oil
6.  Untuk mengankat kendaraan pada salah satu sisi depan atau belakang kendaraan sampai ketinggian tertentu maksimal 30cm adalah Donkrak hydraulic
7. Untuk mengangkat seluruh badan kendaraan sampai ketinggian maksimal 200 cm  adalah Car lift


8. Untuk mengangkat engine keluar dari dudukannya adalah Hydraulic crane
9. Untuk memasang atau membuka dengan tenaga tekan yang cukup besar, alat yang digunakan adalah  Hydraulic press
10. Pada saat mengoperasikan Car Lift, tempatkan kendaraan tepat pada pusat meja landasan dan cek apakah kedudukannya sudah kokoh/tepat. Hal ini dimaksudkan agar kendaraan tida Tergelincir
11. Sebelum mengoperasikan car lift, terlebih dahulu pastikan wilayah sekitar car lift bebas dari orang-orang dan  benda lainya.



Latihan Soal:

1)      Tuliskan fungsi dari system rem pada kendaraan!
2)      Tuliskan macam-macam cairan rem!
3)      Mengapa menambah cairan rem harus dari jenis cairan yang sama!
4)      Gambarkan Rem cakram tipe Fixed calliper!
5)      Gambarkan Rem cakram tipe Foating calliper!